tulisan berjalan

Jumat, 22 Februari 2013

lukisan sejarah

Sejarah lukis di Indonesia


Seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Kecenderungan sebi rupa Eropa Barat pada Zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini.
 Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah satu seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang di praktekkan pelukis Belanda. Raden Saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke Belanda, sehingga berhasil menjadi seorang pelukis Indonesia yang disegani dan menjadi pelukis istana di beberapa Negara Eropa. Namun seni lukis Indonesia tidak melalui perkembangan yang sama seperti zaman renaisans Eropa, seningga perkembangannya pun tidak melalui tahap yang sama. Era revolusi di Indonesia membuat banyak pelukis Indonesia beralih dari tema-tema romantisme menjadi cenderung kea rah “kerakyatan”. Objek yang berhubungan dengan keindahan alam Indonesia dianggap sebagai teman yang mengkhianati bangsa sebab di anggao menjilat kepada kaum kapotalis yang menjadi musuh ideology komunisme yang popular pada masa itu. Selain itu, alat lukis seperti cat daan kanvas yang semakin sulit didapatkan membuat lukisan Indonesia cenderung ke bentuk-bentuk yang lebih sederhana, sehingga melahirkan lukisan abstraksi.











Zaman prasejarah

Secara historis, seni lukis sangat terkait dengan gambar. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan mereka.


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar